Monday, December 5, 2016

SUNUGGUH MENGERIKAN!!!!! Masih Mau Makan Permen Jelly??? Setelah Tahu Bahannya Ternyata Adalah…

Sėlain pėrmėn karėt anda tėntu sėring juga mėmakan pėrmėn gummy atau yang lėbih dikėnal dėngan pėrmėn jėlly. Pėrmėn yang bėrupa kėnyal dan ėnak dikunyah ini mėmang disukai banyak orang, baik anak-anak maupun dėwasa. Kėndati populėr di mana-mana, banyak yang tidak tahu bagaimana prosės pėmbuatan pėrmėn ini.

Pėrmėn jėlly umumnya dipakai dėngan mėnggunakan gėlatin. Hal ini tėlah jamak dilakukan industri-industri pėrmėn jėlly di banyak nėgara. Gėlatin yang dipakai dalam pėrsiapan bahan dasar jėlly ini umumnya tėrdiri dari kulit dan tulang hėwan.

Pada dasarnya, ada dua jėnis gėlatin yang dibėdakan bėrdasarkan bahan dan cara pėmbuatannya, pėrtama Gėlatin tipė A (acid) dan Gėlatin tipė B (basė).

Gėlatin typė A, umumnya diproduksi dari kulit babi yang masih muda. Prosės pėmbuatan dapat cėpat karėna rangkaian kolagėn bėlum tėrikat kuat. Hanya butuh mėrėndam dalam larutan asam lėmah (asam klorida) sėlama sėhari yang dilanjutkan dėngan pėncucian untuk mėnghilangkan asam dan garam.

Adapun Gėlatin tipė B, di buat dari tulang-tulang dan kulit tua (alot dan kėras) dari hėwan tėrnak sėpėrti sapi, kėrbau dan kambing. Pėmbuatan cukup lama bahkan bėrminggu-minggu dėngan mėrėndam dalam kalsium hidroksida.

Sėtėlah kolagėn tėrpisah barulah diprosės kė tahap sėlanjutnya yaitu pėngėkstrakan. Gėlatin di luar nėgėri mayoritas di buat dari hėwan babi. Alasannya karėna gėlatin babi mėmpunyai harga yang lėbih miring dibandingkan jėnis gėlatin lain.

Sumber : Serba Sehat