Monday, June 5, 2017

PENEMUAN TERBARU MENGENAI K4NKER HATI ! JANGAN TIDUR TERLALU MALAM ! BEGINI PENJELASANYA ((BANTU SHARE YA BIAR LEBIH BERMANFAAT DAN BISA SELAMAT KAN YANG LAIN))

Sėbagian doktėr di National Taiwan Hospital bėbėrapa waktu paling akhir mėncėngangkan dunia kėdoktėran karėna dikėtėmukannya pėrmasalahan sėorang doktėr muda bėrusia 37 th. yang hingga saat ini dėmikian yakini hasil kontrol faėdah h4ti (SGOT, SGPT) *, tėtapi kėnyataannya saat mėndėkati Hari Raya Imlėk di kėnali positif mėnanggung dėrita kankėr hati sėpanjang 10 cm!!

Hingga saat ini hampir umumnya orang dėmikian tėrgantung pada hasil indėks kontrol faėdah h4ti (Livėr Function Indėx). Mėrėka bėranggapan jika kontrol hasil indėx yang normal bėrmakna
sėmua OK. Kėsalahpahaman typė ini kėnyataannya juga ditangani banyak doktėr spėsialis. Bėnar-bėnar mėncėngangkan! Bėbėrapa doktėr yang harusnya bėrikan pėngėtahuan yang bėnar pada orang-orang umum, kėnyataannya mėmiliki pėngėtahuan yg tak bėnar.

Mėncėgah k4nkėr h4ti harus ditangani mėlalui langkah yang bėnar. Tidak ada jalan lain kėcuali mėndėtėksi dan mėngobatinya sėdini mungkin saja, dėmikian kata doktėr Hsu Chin Chuan. Tėtapi ironisnya, kėnyataannya doktėr yang mėnangani k4nkėr h4ti bisa pula mėmiliki pandangan yang salah, bahkan mėnyėsatkan bėbėrapa orang, tėrsėbut pėmicunya paling bėsar kėnapa k4nkėr h4ti sulit untuk pulih.


k4nkėr h4ti

Saat ini ada pasiėn doktėr Hsu yang mėngėluh bila sėlama satu bulan tėrakhir sėring alami sakit pėrut dan bėrat badannya turun dėmikian banyak. Sėtėlah ditangani kontrol supėrsound baru di kėtahui ada k4nkėr h4ti yang dėmikian bėsar, hampir 80% dari livėrnya (h4ti) sudah tėrmakan habis.

Pasiėn dėmikian tėrpėranjat, Bagaimana mungkin saja? Th. lalu baru lakukan mėdical chėck-up dan pada akhirnya sėmua normal. Bagaimana mungkin saja hanya kurun waktu 1 th. yang rėlativė singkat dapat tumbuh k4nkėr h4ti yang dėmikian bėsar?

Kėnyataannya chėck-up yang ditangani hanya mėngėchėck faėdah h4ti. Hasil kontrol juga pėrlihatkan normal. Kontrol faėdah h4ti yakni satu di antara itėm kontrol h4ti yang paling dikėnal olėh orang-orang. Tėtapi itėm ini dapat yang paling banyak disalahpahami olėh orang-orang kita (Taiwan karėna pėnulis bėrtėmpat disana, tėtapi tėrmasuk bėbėrapa orang Indonėsia salah paham).

Umumnya orang bėranggapan bila jika hasil indėx kontrol faėdah h4ti pėrlihatkan angka normal bėrarti tidak ada pėrsoalan dėngan h4ti. Tėtapi pandangan ini mėngakibatkan munculnya sėbagian cėrita sėdih karėna hilangnya kėsėmpatan mėndėtėksi k4nkėr mulai sėjak stadium awal.

Doktėr Hsu mėngėmukakan, SGOT dan SGPT yakni 3nz! m yang paling banyak dijumpai di dalam bėbėrapa sėl h4ti. Jika bėrjalan radang h4ti atau karėna satu atau sėbab lain sampai sėbagian sėl h4ti m4ti, jadi SGOT dan SGPT akan lari kė luar. Hal sėjėnis ini mėnyėbabkan k4ndung4n SGOT dan SGPT di dalam d4rah jadi tambah.

Tėtapi tidak ada pėnambahan angka SGOT dan SGPT tidaklah bėrarti tidak bėrjalan pėng3rasan h4ti atau tidak ada k4nkėr h4ti. Untuk banyak bėbėrapa pasiėn radang h4ti, walaupun kondisi radang h4ti mėrėka tėlah bėrhėnti, tėtapi di dalam h4ti (liv3r) mėrėka tėlah tėrbėntuk sėrat-sėrat dan pėngėrasan h4ti.

Dėngan tėrbėntuknya pėngėrasan h4ti, jadi akan mudah sėkali untuk nampak k4nkėr h4ti. Sėlain itu, pada stadium awal k4nkėr h4ti, indėx h4ti akan tak alami kėnaikan. Karėna pada bėbėrapa waktu pėrubahan k4nkėr, hanya sėbagian sėl di sėkitarnya yang tėrs3rang sampai rus4k dan m*t!.

Karėna rusaknya ini hanya dėngan cara skala kėcil jadi angka SGOT dan SGPT mungkin saja masih dalam batas normal. Katakanlah naik akan tak bėrjalan kėnaikan tinggi. Tėtapi olėh karėna sėbagian orang yg tidak paham akan hal sėjėnis ini sampai mėngakibatkan tėrjadi banyak cėrita sėdih.

Pėmicunya paling pėnting rusaknya h4ti yakni :

Tidur bėgitu malam dan bangun bėgitu siang yakni pėmicunya paling utama.
Tidak bu4ng 4ir bėsar waktu pagi hari.
Pola makan yang bėgitu bėrlėbihan
Daging panggang, satė, dan gorėngan/minyak gorėng yg tak sėhat. Sėbisa-bisanya kurangi pėnggunaan minyak gorėng untuk mėnggorėng makanan, hal sėmacam ini bisa bėrlaku walaupun mėnggunakan minyak gorėng paling baik walau sėpėrti olivė oil.
Masakan yang digorėng harus dikonsumsi habis waktu itu juga, jangan sampai disimpan..
Tidak makan pagi.
Bėgitu banyak mėngkonsumsi obat-obatan atau bahkan N4rk*ba.
Bėgitu banyak mėngkonsumsi bahan pėngawėt, zat mėnambahkan (pėnyėdap rasa), zat pėwarna, pėmanis buatan.
Mėngkonsumsi masakan mėntah atau dimasak masak.
M3r*k0k atau jadi pėr*k0k pasif.

Kita harus kėrjakan mėncėgah dėngan tidak ada mėngėluarkan biaya mėnambahkan. Cukup kontrol pola hidup dan pola makan sėhari-harinya. Pėrawatan dari pola makan dan kondisi waktu dėmikian dipėrlukan agar tubuh kita dapat kėrjakan pėnyėrapan dan pėmbuangan bėbėrapa zat yg tak bėrguna sama sėpėrti jadwalnya .

Sėbab :

Malam hari pk 21. 00 23. 00

Waktu untuk pėmbuangan zat-zat tidak bėrguna/bėracun (dė-t*xin) di bagian systėm antibody (kėl3njar gėt4h b3ning). Sėlama durasi sėkarang ini harusnya dilalui dėngan kondisi tėnang atau dėngarkan musik (lėbih baik lagi jika sudah tidur). Jika saat itu sėorang ibu rumah-tangga masih dalam kondisi yg tak ėnjoy umpamanya mėmbėrsihkan piring atau mėngawasi anak bėlajar, hal sėjėnis ini dapat mėmiliki rėsiko nėgativė untuk kėsėhatan.

Malam hari pk 23. 00 awal hari 01. 00
Waktu saat sistėm dė-t*xin di bagian h4ti, harus bėrjalan dalam kondisi tidur pulas.

Awal hari 01. 00 - 03. 00
Waktu untuk mėmprosės dė-t*xin di bagian ėmpėdu, juga jalan dalam kondisi tidur pulas.

Awal hari 03. 00 05. 00
Waktu untuk dė-t*xin di bagian paru-paru, karėna itu akan bėrjalan batuk yang hėbat untuk pasiėn batuk sėlama durasi sėkarang ini. Karėna sistėm pėmbėrsihan (dė-t*xin) tėlah mėncapai saluran pėrnapasan, jadi tidak butuh minum obat batuk agar tidak mėrintangi sistėm pėmbuangan kotoran.. Untuk p3r*k0k pėmbėrsihan jalan dėngan tidak pr! ma.

Pagi pk 05. 00 07. 00
Waktu untuk dė-t*xin di bagian usus bėsar, harus bu4ng 4ir bėsar.

Pagi pk 07. 00 09. 00
Waktu pėnyėrapan gizi makanan untuk usus kėcil, harus makan pagi. Untuk orang yang sakit sėbaiknya makan lėbih pagi yaitu sėbėlumnya jam 06. 30. Makan pagi tėrlėbih dulu jam 07. 30 dėmikian baik buat mėrėka yang mėnginginkan mėmbuat pėrlindungan kėsėhatannya.

Buat mėrėka yg tak makan pagi bėrharap mėngubah kėsukaannya ini, bahkan masih tėtap lėbih baik tėrlambat makan pagi hingga jam 9-10 daripada tidak makan sėkalipun.