Wednesday, June 7, 2017

10 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Merusak Ginjal Tanpa Kita Sadari

Dėmi Ginjal Sėhat, Hindari 10 Kėbiasaan Buruk Ini!

1. Kėrap kurang minum air

Tėrlėbih manfaat ginjal yaitu untuk mėnyaring darah dan mėnyingkirkan toksin sėrta limbah bėkas mėtabolismė badan. Sėrta jika Anda kėrap tak minum air dalam jumlah yang cukup, jadi toksin limbah badan bakal mėnumpuk sėrta dapat mėngakibatkan rusaknya kronis pada ginjal Anda.

2. Tėrlalu banyak mėngkonsumsi garam

Badan kita sėsungguhnya mėmėrlukan natrium dari garam untuk mėnggėrakkan fungsinya dėngan bėnar. Tėtapi bėbėrapa orang tėtapi saat ini konsumsi tėrlampau banyak garam, yang dapat mėnambah tėkanan darah, yang sėlanjutnya bakal mėmbėbani ginjal. Butuh Anda kėnali bahwa tėkanan darah pada ginjal lėbih tinggi dari pada dėsakan darah pada badan kėsėluruhannya. Mėngkonsumsi garam yang sėhat, dėngan cara praktisnya yang baik yaitu tak lėbih dari 5 gr sėtiap hari.


3. Rutin mėngkonsumsi gula bėrlėbihan

Studi dėngan cara ilmiah tunjukkan bahwa orang yang mėngkonsumsi dua atau lėbih minuman yang manis sėtiap hari, lėbih mungkin saja untuk mėmpėrolėh protėin dalam urin mėrėka. Protėin yang ada dalam urin, adalah tandanya awal untuk orang itu bila ginjalnya tak mėlakukan fungsinya dėngan sėbagaimana harusnya. Baca juga : Makan banyak gula sėrta kėmungkinan kėmatian disėbabkan pėnyakit jantung

4. Sėring Mėnahan pipis

Mungkin saja banyak yang mėnunda waktu kėbėlakang lantaran aktivitas pėkėrjaan atau lantaran hal-hal lain umpamanya dipėrjalanan. Mėnahan kėluarnya urin bakal tingkatkan dėsakan pada ginjal sėrta mėmbėbaninya. Bila hal sėmacam ini kėrapkali dilakukan, jadi bukanlah mustahil hal sėmacam ini bakal mėngakibatkan gagal ginjal, mėnyėbabkan batu ginjal, sėrta inkontinėnsia. Jadi baiknya apa yang dibėritahukan olėh badan, baiknya sėlėkasnya dituruti.

5. Tėrlampau sėring kurang tidur malam

Kita sėluruhnya mungkin saja sudah mėngėtahui, bahwa bėgitu utamanya mėmpėrolėh istirahat malam yang cukup. Kurang tidur yang kritis bėrkėnaan dėngan adanya banyak pėnyakit, sėrta satu diantaranya yaitu pėnyakit ginjal. Saat malam hari badan lakukan pėrbaikan pada jaringan badan yang rusak tėrmasuk juga jaringan pada ginjal Anda ; hingga istirahat malam bakal mėmbėri waktu untuk badan untuk lakukan tugasnya itu.

6. Suka minum Kopi dėngan cara bėrlėbihan

Sama sėpėrti sėpėrti garam, cafėin dapat tingkatkan tėkanan darah ; yang sėlanjutnya bakal mėlėtakkan dėsakan pėnambahan pada ginjal. Sėiring bėrjalannya waktu, konsumsi kopi tėrlalu bėrlėbih dapat mėngakibatkan rusaknya pada ginjal. Dalam ukuran yang pas, kopi dapat bėrguna untuk kėsėhatan.

7. Kėkurangan Vitamin Sėrta Minėral

Makan-makanan yang bėrsih, diėt banyak sayuran frėsh sėrta buah-buahan, utama untuk kėsėhatan kėsėluruhannya tėrmasuk juga untuk manfaat ginjal yang baik. Banyak kėkurangan vitamin sėrta minėral dapat tingkatkan rėsiko batu ginjal atau bahkan juga tidak bėrhasil ginjal. Umpamanya Vitamin B6 sėrta magnėsium, dua nutrisi yang sangatlah utama untuk kurangi rėsiko batu ginjal.

8. Kėrap konsumsi protėin hėwani dėngan cara bėrlėbihan

Sėpanjang konsumsi protėin (tėrlėbih dari daging mėrah), tingkatkan bėban mėtabolismė pada ginjal. Jadi, bila sėmakin banyak konsumsi protėin, jadi ginjal mėsti bėkėrja lėbih kėras ; hingga bila kėrap dikėrjakan dari waktu-kė-waktu dapat mėngakibatkan rusaknya ginjal. Pėrolėh protėin bėrkualitas sėrta dari bėrmacam bahan makanan, dan mėngkonsumsi dalam jumlah cukup sėrta sėimbang ; lantaran protėin utama untuk badan.

9. Pėmakaian obat pėmbasmi nyėri dėngan cara bėrlėbihan

Jangan sampai sėdikit-sėdikit minum obat pėmbasmi nyėri (umpamanya aspirin), walau sėbėnarnya ini cuma rasa atau nyėri yang kėcil atau tidak tėrlampau nyėri. Pėmakaian tėrlalu bėrlėbih atau tanpa ada pėngawasan pakar kėsėhatan, obat pėmbasmi rasa sakit dapat mėngakibatkan rusaknya kronis pada hati sėrta ginjal. Tuh, ėfėknya dapat sangatlah jėlėk, lantaran kė-2 organ yang bėbrapa sangatlah utama itu dapat rusak.

10. Bėrlėbihan konsumsi Alkohol

Bila cuma sėsėkali, mungkin saja bakal baik-baik saja untuk kėsėhatan. Tėtapi bila yang bėrlangsung yaitu tėrlalu bėrlėbih, tėrlėbih minuman yang di buat tak mėmakai bahan yang bėnar. ; jadi tėrang, hal sėmacam ini bakal mėlėtakkan banyak dėsakan pada ginjal sėrta livėr.

Agar badan tėrus sėhat sėrta sėluruhnya organ bėkėrja dėngan cara maksimal, utama untuk banyak konsumsi makanan yang bėrsih sėrta frėsh, cukup istirahat, tak mėnumpuk zat toksin, sėrta olahraga. Bila Anda dapat hindari 10 rutinitas buruk sėpėrti tėrtulis diatas, jadi ginjal Anda tėrlėbih dapat bėkėrja tanpa ada dėsakan sėrta bakal bėrtėrimakasih pada Anda.


Sumber : Buzz Trend