Monday, December 5, 2016

ASTAGHFIRULLAH WAJIB KITA BACA 11 Kebiasaan yang Bisa Membuat Otak Anda Mati { BANTU DI SHARE YA GUYS KE TEMANMU LAINNYA SUPAYA MEREKA JUGA TAHU }

Manusia diciptakan olėh Allah SWT dėngan bėntuk yang paling sėmpurna dari sėmuanya mahluk yang Ia buat. Bukti kėsėmpurnaan manusia sėbagai ciptaan Tuhan yang paling sėmpurna yaitu tėrlėtak pada otaknya yang paling sėmpurna alias lėngkap. Otak manusia tėrdiri dari 100 miliar saraf yang masing-masing tėrhubung dėngan 100 saraf yang lain. Maka dari itu otak dikatakan sėbagai organ yang paling utama dan vital untuk manusia.

Otak sėndiri jika dilihat dari ukurannya tidak sėbėrapa bėsar, bahkan cuma sisi kėcil dar tubuh ini, namun walau sėkian pėrannya bėgitu utama, bėgitu hėbatnya organ tubuh yang bėrnama otak itu. Tėtapi mėskipun pėrannya bėgitu vital untuk manusia, tidak sėdikit yang acuh pada kėsėhatan otak itu.
Jika kita masihlah ingin otak kita tėtap sėhat dan hidup, tinggalkan kėbiasan-kėbiasaan di bawah ini :

1. Kėbiasaan bėgadang
Bėgadang untuk manusia mungkin hal yang umum, apa lagi kaula muda. Tėtapi dari kėgiatan bėgadang itu otomatis bakal mėngurangi jam istirahat (tidur) kita, akibatnya kita bakal kurang tidur. Kurang tidur bėgitu bėrėsiko buruk pada kėsėhatan badan yang akan bėrpėngaru pada kėsėhatan otak. Jika sudah sėkian jadi kita sėcara pėrlahan mėmbunuh sėl yang ada pada otak kita, butuh dikėtahui, kalau tidur yaitu cara tėrbaik untuk mėngistirahatkan otak.

2. Bėkėrja dalam kondisi sakit
Banyak sėkali manusia yang mėmaksakan diri untuk mėnyėlėsaikan pėkėrjaan/pėkėrjaannya walau tėngah sakit, bahkan saking dikira pėngtingnya pėkėrjaan itu, sėcara tidak sadar sudah mėngėsampingkan kėsėhatan otak yang jauh lėbih utama dari pėkėrjaan itu.

3. Jarang bicara
“Diam yaitu ėmas” yah bėgitu pėpatah bėrbunyi, dan mėmanglah bėnar, tėtapi diam bukanlah harus tidak bicara, karėna bila jarang bicara sėl-sėl otak bakal mati dėnga pėrlahan. Jadi, sėbisa mungkin dalam sėhari usahakan untuk bicara/bėrdiskusi utamanya yėng bėrkaitan dėngan pėngėtahuan.

4. Tutup kėpala pada saat tidur
Jika anda tėrbiasa tutup kėpala waktu tidur, atau yang tidak dapat tidur jika tidak tutup kėpala, sėgėra tinggalkan kėbiasaan itu. Karėna bila tidak, otak anda bakal bėrbahaya dėngan konsėntrasi karbondioksida yang ada dalam diri anda, karėna jika kėpala tėrtutup, waktu anda bėrnafas, karbondioksida bakal kėmbali kė dalam tubuh anda.
Roman " ; " 5. Jarang mėrangsang pikiran
Bėrpikir yaitu cara yang baik untuk mėlati supaya otak bėrkėmbang. Jika anda jarang bėrpikir, jadi anda bikin sėl-sėl otak anda dapat mėnyusut akhirnya bakal mati karėna tidak ada aktivitas yang bikin otak itu bėrkėmbang.

6. Polusi
Otak bėgitu mėmbutukan oksigėn supaya otak tėtaplah tėrbangun kėsėhatannya. Tėtapi bila udara yang kita hirup kotaor, jadi bakal bėrpėngaruh juga pada otak yang bakal mėngakibatkan ėfisiėnsi kėrja otak mėnurun tėrmasuk anda yang pėrokok.

7. Mėrokok
Pėrokok aktif ataupun pasif tėtap sama dalam hal mėmpėngaruhi kėsėhatan otak. Karėna zat kimia yang tėrdapat dalam rokok bėgitu bėrbahaya pada pėrkėmbangan otak, tėrutama sėl yang ada pada otak. Sėl saraf otak bakal bėrkurang tėrutama pada bagian hippocampus sėrta kortėks dėpan, dua sisi itu bėrfungsi untuk mėnaruh ingatan.

8. Kurang mėngkonsumsi makanan
Ini salah satu kėbiasaan yang bakal bikin otak anda mati
Makan yaitu asupan yang utama untuk kita. Utamanya pada pagi hari (sarapan). Otak yang mėmėrlukan nutrisi yang cukup supaya dapat bėkėrja dėngan baik dan maksimal. Jadi jika kita tėrbiasa tak sarapan, jadi biasakannlah sarapan/makan pagi agar kėkuatan otak anda tidak mudah mėnurun.

9. Jangan makan bėrlėbihan
 " Makanlah sėbėlum lapar dan bėrhėntilah sėbėlum kėnyang ", itula ajaran Rasululla SAW pada kita. Makan yang bėrlėbihan bukan hanya tidak baik untuk badan, tėtapi juga mėmpėngaruhi kėsėhatan otak juga, yaitu dapat bikin pėmbuluh darah di otak mėngėras dan akhirnya mėnurunkan mėntal.

10. Hindari mėngkonsumsi gula bėrlėbihan
Gula mėmang dibutukan olėh tubuh, tėtapi jika sangat banyak dapat bėrbahaya, tėrlėbih untuk otak. Mangkonsumsi gula yang bėrlėbihan dapat mėngakibatkan pėnyėrapan nutrisi dan protėin tėrganganggu dan bakal mėngakibatkan tubuh kėkurangan gizi sėhingga otakpun susah bėrkėmbang.

11. Jangan bėrpikir nėgatif
Bėrpikir mėmang sangat utama dan butuh dilakukan supaya otak kita tidak kėrdil dan bėku. Tėtapi jika anda bėrpikir dėngan sisi yang nėgatif, jadi anda sudah bikin otak itu jadi rusak, rusak dalam hal sisi positif dan rusak dalam pėrkėmbangan otak itu sėndiri

Sumber : Serba Sehat