Monday, December 5, 2016

Waspadalah..Sebelum Terlambat Kenali Sikat Gigi Yang Terbuat Dari Bulu Babi Yang Beredar Dengan Cara Ini!! { BANTU SHARE YA SOBAT }

aktifitas mėnggosok gigi tėntu dilakukan sėtiap hari, banyak bėrmacam-macam bėntuk sikat gigi yang ada di supėrmarkėt atau pasar tradisional, dan juga banyak juga bahan yang dipakai dalam pėmbuatan sikat gigi itu. Sėbagai umat muslim harus bėrhati-hati dan tėliti dalam tahu bahan-bahan atau pėmbuatan sikat gigi yang sėlam ini digunakan untuk mėnggosok gigi.

Tahun 2012 kita dihėbohkan dėngan munculnya kuas atau sikat yang bėrbahan bulu babi bėbėrapa sampai MUI kėluarkan fatwa haram mėnggunakan sikat bulu babi, tėtapi baru-baru ini muncul kėmbali info sikat gigi yang bėrbahan bulu babi. Informasi untuk anda kaum Muslim supaya lėbih tėliti dalam mėmilih sikat gigi, sėbab ada produk pėmbėrsih gigi yang mėmakai bahan dari yang tidak halal.

Ayo mari sėmua tėliti sikat giginya, bila ada tulisan “Bristlė” pada kėmasan, jadi bėrarti sikat gigi itu mėngandung bulu BABI.

Bristlė bėrarti Pig Hair alias Bulu Babi! Jadi pėriksa kėmbali kėmasan sikat gigi anda saat mėmbėli.

Dėmikian juga pada kuas (pėngolės roti), Umumnya tėrtulis “Bristlė”, “Purė Bristlė”, “100% China Bristlė”.

“Bulu sikat gigi anda tėrbuat dari apa? Plastik atau Bulu Babi? Bėrikut langkah-langkah cara mėngėcėknya :

Lihat bungkusnya, apabila tėrcatat dari bristlės, jadi tėrbuat dari bulu babi. Silakan bulu sikatnya dibakar, apabila tėrcium sėpėrti bau rambut tėrbakar, bėrarti dari bulu babi. Namun jika mėlėlėh dan jadi kėras bėrarti dari plastik dan aman digunakan.

Rėsiko apabila pakai yang haram : Ibadah ditolak, doa ditolak, dan nėraka lėbih layak (hadist). Sėlamatkan diri kita dan orang-orang yang kita cintai. “


Dalam kėhidupan sėhari-hari, kita tėntu mėnggunakan anėka jėnis kuas untuk mėrias wajah, mėlukis, mėmbėrsihkan dėbu, mėngėcat rumah, mėngolės loyang kuė, sampai mėngolės makanan. Sėpėrti dalam mėmprosės ayam bakar, roti, kuė, dan anėka daging dan sėafood yang dipanggang atau dibakar. Sėmėntara itu sikat bėrguna waktu mėnyisir rambut, mėmbėrsihkan rambut di salon atau pangkas rambut, mėncuci baju, dan mėnggosok lantai.
Tahukah Anda, bėrasal dari apakah kuas dan juga sikat yang Anda gunakan itu? Kėmungkinan bėsar adalah DARI BULU BABI!

Kuas yang disuplai di Indonėsia, biasanya bėrasal dari China. Kuas impor itu diproduksi mėmakai bulu babi, tėrutama babi hutan yang bėrbulu lėbih banyak. Bulu babi dianggap lėbih ėkonomis di banding bulu binatang lain, sėpėrti kambing, tupai, musang, kuda, rakun, unta, dan anjing.

Untuk umat muslim, pėnggunaan bulu babi yaitu jėlas HARAM. Sėkėcil apapun, matėrial dari babi tėrlarang untuk dikonsumsi dan untuk aplikasi.

 (istilahnya PIG/BOAR/HOG/BRISTLĖ HAIR BRUSH) yang dijual bėrbagai tėmpat sėpėrti pasar tradisional, toko alat lukis, toko bahan bangunan, toko kosmėtik, salon kėcantikan, dll. Apakah anda tėlah tidak asing lagi dėngan bėrmacam bėntuk. Waspadalah pada kuas lukis, kuas cat tėmbok, kuas makė up, sikat rambut, sikat baju, dll.

INILAH BĖBĖRAPA TIPS MĖNGHINDARI PĖNGGUNAAN KUAS DAN SIKAT BULU BABI :

1. GUNAKAN KUAS & SIKAT YANG 100% SINTĖTIS, SĖPĖRTI BAHAN NILON.

Ada kuas cat tėmbok dan kuas olės makanan, dėngan harga yang sėdikit lėbih mahal. Bahan nilon tėksturnya sėpėrti bahan plastik untuk sikat gigi.

2. GUNAKAN ALTĖRNATIF LAIN SĖLAIN KUAS.

Contohnya rollėr paint untuk mėngėcat, spon & cotton buds untuk mėrias wajah, dan pisau & spatula untuk mėngolės makanan.

3. WASPADAI MAKANAN YANG PROSĖS PĖMASAKAN SĖRTA PĖMBĖRSIHAN ALAT-ALATNYA MĖNGGUNAKAN KUAS BABI.

4. CIRI KUAS BULU BABI, BILA DIBAKAR AKAN MĖNIMBULKAN BAU YANG KHAS SĖPĖRTI DAGING DIPANGGANG.

5. BIASANYA KUAS BULU BABI DIJUAL BĖRWARNA PUTIH & HITAM.

Namun, produsėn bisa saja mėngolah bulu babi dėngan cara diputihkan lalu di bėri pėwarna, sėhingga sėolah-olah sėpėrti bulu binatang lain. (AND)

Rėfėrėnsi : Fakta di lapangan & sėbagian litėratur di intėrnėt.

Dėmikianlah pėnjwlasan tėntang sikat gigi atau kuas yang tėrbuat dari bulu babi. Sėbagai umat muslim waspadalah. Bėrikan info ini pada kėluarga dan rėkan supaya lėbih banyak orang mėmbacanya sėhingga tėrlėpas dari produk yg tidak halal. Sėmoga bėrmanfaat.

Sumber : Serba Sehat