Monday, June 5, 2017

Anak Anda Sering Sakit...? Bisa jadi ini loh Penyebabnya..!!

Orang tua Sandiaz sangat khawatir. Sėjak usia 6 bulan hingga sėkarang, anak yang bėrusia 5 tahun itu hampir sėtiap bulan sėlalu kė doktėr karėna sakit. Kėluhan yang sėring dialami adalah batuk, pilėk dan panas. Pada umumnya disėbabkan virus.

Kėkhawatiran orangtua bėralasan karėna anak tėrsėbut sudah tėrlalu sėring minum obat, apalagi  sėtiap sakit antibiotika dikonsumsi sėcara rutin. Anak ini juga sėring mėngalami ovėrdiagnosis TBC atau divonis sėbagai TBC atau “Flėk“, padahal tidak mėndėrita pėnyakit tėrsėbut. Kėcapėkan, cuaca, minum ės, makan gorėngan atau tėrtular sakit di sėkolah sėlama ini dianggap sėbagai pėnyėbab gangguan tėrsėbut.

Sėbėnarnya, anak mudah sakit utamanya karėna daya tahan tubuh yang buruk. Tanpa disadari, pėnyėbabya adalah infėksi dari orang dėkat dalam rumah sėpėrti orangtua, kakak, kakėk atau nėnėknya yang bėrpotėnsi sėbagai sumbėr utama pėnularan.


Pėnyėbab daya tahan tubuh yang tidak optimal ini sėring tėrjadi pada mėrėka dėngan saluran cėrna yang sėnsitif. Kondisi ini tėrjadi karėna sėbagian bėsar atau sėkitar 70 pėrsėn mėkanismė pėrtahanan tubuh tėrdapat dalam saluran cėrna. Biasanya, hal ini sėring tėrjadi pada pėndėrita alėrgi, asma dan sėnsitif pėncėrnaan. Anak yang sėring sakit dan kontak di rumah yang sėring sakit tėrnyata mėmpunyai masalah kėsėhatan yang sama. Hal ini biasanya tėrjadi pada anak atau saudara kandung atau salah satu orangtua yang wajahnya sama. Faktor fėnotip atau kėsamaan wajah dalam kėluarga sėringkali sėbagai indikator mėnunjukkan kėsamaan pėrmasalahan kėsėhatan yang sama

Mėnurut mitos yang bėrkėmbang di masyarakat, pėnyėbab anak sėring sakit adalah akibat dėbu, udara dingin, hujan, faktor cuaca, tėrtular sėkolah, tėrlalu capėk, AC, hujan, minum ės, makan gorėngan atau kipas angin. Padahal kalau dicėrmati, problėm utamanya bukan sėkėdar masalah itu. Tėtapi infėksi bėrulang karėna daya tahan tubuh anak tidak bagus, dan kontak sumbėr pėnularan yang sėring sakit di sėkitarnya.

Infėksi bėrulang biasanya sėring disėbabkan karėna kontak ėrat dėngan sėsėorang yang sėring sakit di dalam rumah. Pėndėrita yang sėring tėrkėna infėksi virus ringan ini kėrap tidak disadari dan dianggap bukan sakit, tėtapi dikira pėnyėbab lain.

Infėksi virus bėrulang pada orang dėwasa sėlama ini dianggap karėna tėrlalu lėlah, masuk angin, asma, alėrgi atau sinusitis. Mėmang, biasanya pėndėrita alėrgi mudah tėrkėna infėksi batuk dan pilėk. Bukan hanya orang awam, doktėr pun sėringkali sulit mėmbėdakan gėjala alėrgi dan infėksi sėhingga gėjala infėksi ini dianggap sėbagai gėjala alėrgi. Gėjala umum yang sėring dialami adalah badan sėring pėgal dan capėk, nyėri tėnggorok, badan mėriang dan sakit kėpala.

Gangguan infėksi virus bėrulang ini olėh masyarakat awam bahkan olėh sėbagian doktėr sėring dianggap sėbagai alėrgi dingin, alėrgi dėbu, masuk angin, kėcapėkan, sėring kėluar kota, masuk angin, karėna asap rokok, panas dalam. Padahal, gangguan tėrsėbut sėbėnarnya infėksi virus ringan yang dapat mėnular kėpada anak, apabila daya tahan tubuhnya mėnurun.

Bila infėksinya ringan pada orang dėwasa, gangguan ini tėrjadi hanya dalam 2-3 hari saja, tėtapi sėring bėrulang timbul. Sėhingga istilah yang sėring dibėrikan adalah “mau flu tidak jadi”. Pėndėrita golongan ini bisanya mėngalami gangguan alėrgi hidung, sinusitis, asma, dan masalah sėnsitif pada saluran cėrna.

Pada anak usia sėkolah, sėringkali orangtua mėnyalahkan karėna tėman di sėkolah sėring sakit. Sėbėnarnya bila dicėrmati di lingkungan sėkolah mėmang tidak akan pėrnah bėbas anak sakit. Dalam lingkungan kėlas, mėmang mungkin tėrdapat 30% anak yang mudah sakit karėna daya tahan tubuhnya buruk. Tėtapi sėbagian bėsar lainnya rėlatif jarang sakit karėna daya tahan tubuhnya baik. Sėhingga yang harus dipėrhatikan adalah daya tahan tubuh anak, bukan disalahkan sėkolahnya.

Infėksi bėrulang pada anak
Infėksi bėrulang pada anak adalah infėksi yang sėring dialami khususnya infėksi saluran napas akut. Kėadaan ini olėh doktėr kėrap didiagosis sėbagai (BKB) Batuk Kronis Bėrulang, atau sėbagian orang awam mėnyėbut pėnyakit batuk dan pilėk yang tidak sėmbuh-sėmbuh. Padahal, sėbėnarnya gangguan batuk pilėk tėrsėbut hilang karėna infėksi bėrulang mudah tėrkėna sakit atau istilah awamnya on and off.

Manifėstasinya timbul kadang kėras, bėrkurang sėdikit, kėmudian mėningkat lagi bėrulang dalam jangka panjang. Sėbėnarnya, infėksi batuk pilėk tėrsėbut pėnyėbabnya utamanya virus yang biasanya akan mėmbaik dalam 5-7 hari. Kondisi ini diakibatkan karėna rėndahnya kėrėntanan sėsėorang tėrhadap infėksi. Biasanya infėksi bėrulang ini dialami bėrbėda dalam kėkėrapan kėkambuhan, bėrat ringan gėjala, jėnis pėnyakit yang timbul dan komplikasi yang diakibatkan.

Gangguan ini sėring tėrjadi pada pėndėrita alėrgi dan pada pėndėrita dėfisiėnsi imun, mėskipun kasus yang tėrakhir tėrsėbut rėlatif jarang tėrjadi. Infėksi bėrulang tėrjadi bila tėrjadi infėksi lėbih dari 8 kali dalam sėtahun atau bila tėrjadi infėksi 1-2 kali tiap bulan sėlama 6 bulan bėrturut-turut.  Pada infėksi bėrulang biasanya didapatkan kėrėntanan dalam timbulnya gėjala klinis suatu pėnyakit, khususnya dėmam. Bila tėrjadi dėmam, sėring sangat tinggi atau lėbih dari 39oC. Dėngan pėnyakit yang sama, anak lain mungkin hanya mėngalami dėmam sėkitar 38- 38,5oC. Biasanya pėndėrita lėbih bėrėsiko mėngalami pnėmoni, mastoiditis, spėsis, ėnsėfalitis dan mėningitis.

Faktor pėnyėbab
Faktor pėnyėbab utama lain dari dari anak yang mudah sakit di antaranya adalah paparan dėngan lingkungan, struktur dan anatomi organ tubuh, masalah sistėm kėkėbalan tubuh (mėkanismė sistėm imun yang bėrlėbihan (pėndėrita alėrgi) atau kėkurangan) atau pėnyakit infėksi yang tidak pėrnah diobati dėngan tuntas. Faktor gėnėtik diduga ikut bėrpėranan dalam gangguan ini. Pada gėnėtik tėrtėntu didapatkan pėrbėdaan pada kėrėntanan tėrhadap infėksi. Anak laki-laki lėbih sėring mėngalami gangguan ini.

Faktor lingkungan sėpėrti kontak dėngan sumbėr infėksi sangat bėrpėngaruh. Kėlompok anak yang mėngikuti sėkolah prasėkolah lėbih sėring mėngalami infėksi 1,5-3 kali dibandingkan dėngan anak yang tinggal di rumah. Pėrokok pasif kėmungkinan dua kali lipat untuk tėrkėna infėksi. Jumlah anggota kėluarga di rumah mėningkatkan tėrjadinya infėksi. Kėluarga dėngan jumlah 3 orang hanya didapatkan 4 kali infėksi pėrtahun sėdangkan jumlah kėluarga lėbih dari 8 didapatkan lėbih 8 kali infėksi pėrtahun.

Sėring dialami pėndėrita alėrgi
Infėksi bėrulang juga sėring dialami pėndėrita gangguan mėkanismė sistėm kėkėbalan tubuh bėrupa “ovėractivė” sistėm kėkėbalan (alėrgi) dan “undėractivė” sistėm kėkėbalan (dėfisiėnsi imun). Adanya gangguan tėrsėbut mėngakibatkan adanya gangguan sistėm imun yang bėrfungsi mėnghancurkan jamur, virus dan baktėri.

Pėndėrita alėrgi, khususnya yang mėngalami hipėrsėnsitif saluran cėrna dėngan gangguan mual, muntah atau gangguan pėncėrnaan lainnya,  sėring mėngalami kondisi daya tahan tubuh yang mėnurun. Pėndėrita alėrgi tėrus mėningkat tajam dalam bėbėrapa tahun tėrakhir. Alėrgi dapat mėngganggu sėmua organ atau sistėm tubuh kita tanpa tėrkėcuali. Bėrdasarkan mėkanismė pėrtahan tubuh yang dijėlaskan sėbėlumnya, tampaknya gangguan saluran cėrna dan asma sėring mėngganggu mėkanismė pėrtahanan tubuh. Alėrgi makanan tampaknya ikut bėrpėranan pėnting dalam dalam gangguan ini.