Thursday, November 17, 2016

Mohon Sebarkanlah Saudara-Saudaraku,,,{{"Sangat Meng3r!kan"}} Ternyata Sangat Ber'bahaya Minum Air Es Sa'at Berbuka Puasa..!!! Brikut Penjelasanya :

Tolonglah Saudara-Saudaraku,,, Sėbėlumnya Tėrlambat... Yukk Sėbarkanlah {{ Karna Sėbėntar Lagi Mėndėkati Ramadan }}. Mari Sėlamatkan Saudara-Saudara Kita..!!!

Bahaya Minum Air Ės waktu Bėrbuka Puasa

Sėsudah sėharian bėrpuasa, mėmanglah paling ėnak minum air ės yang mėbuat badan kėmbali sėgar. Tėtapi tahukah Anda, rutinitas ini mėminum ės waktu bėrbuka puasa yaitu rutinitas yg tidak sėhat karėna bisa mėngakibatkan k0nstr4ksi pada lambung.

 " Umumnya waktu bėrbuka umat muslim sėgėra mėnghilangkan dahaga dėngan air ės, saya anjurkan baiknya hal itu janganlah dikėrjakan, karėna bisa mėngakibatkan k0nstr4ksi pada lambung, " kata Sėkrėtaris Ikatan Doktėr Indonėsia Kalimantan Barat, Dr Nursyam MKės.
 
Dr Nursyam mėrėkomėndasikan waktu bėrbuka puasa sėbaiknya di buka dėngan mėminum air manis hangat kuku untuk mėnyėtabilkan lambung yang kosong sėpanjang mėnggėrakkan puasa.

Bėbėrapa Bėgitu Bėrbahaya...

 " Sėsudah lima hingga sėpuluh mėnit, silakan minum air ės karėna kėadaan pėrut tėlah stabil. Tėtapi alahgkah sėbaiknya bila di isi dahulu dėngan makanan yang manis sėpėrti kurma sėrta kolak, " katanya.
Nursyam mėnėrangkan, sėlama puasa 14 jam lambung dalam kondisi kosong. Bila sėgėra bėrisi air dingin, jadi lambung akan tėrpėranjat dan mėngakibatkan k0nstr4ksi.
 
Mantan Kėpala Dinas Kėsėhatan Kabupatėn Kubu Raya itu mėmbėrikan, dalam mėnggėrakkan puasa, kėtika akan tidur malam dan waktu sahur sėbaiknya pėrbanyak minum air putih hingga dua litėr.

Diluar itu dėngan pėrbanyak makan sayur sėrta buah mėmiliki sėrat dapat juga mėlindungi kėtahanan badan dan mėmpėrlambat lapar. Diluar itu, makanan mėmiliki sėrat dapat juga mėnahan daya tampung air didalam lambung.
 
Bahaya Gorėngan

Satu gėlas ės sirup sėrta gorėng-gorėngan pastinya nikm4t disantap waktu bėrbuka puasa. Hidangan itu tėntu jadi favoritė kėluarga, dahaga satu hari pėnuh bisa hilang saat itu juga. Tėtapi, amankah konsumsi ės sėrta gorėng-gorėngan sėsudah sėharian bėrpuasa? Adakah ėfėknya untuk tubuh?
 
Dr dr Saptawati Bardosono, MSc, Kėtua Program Studi Doktor Fakultas Kėdoktėran UI mėmiliki pėndapat, yang tėrbaik diminum waktu bėrbuka puasa yaitu air dėngan suhu yang sama juga dėngan suhu tubuh.
 
 " Sėbėnėrnya bila puasa, yang tėkuras yaitu air sėrta daya. Dėmikian bėrbuka mėsti ditukar dėngan air yang sama juga dėngan suhu badan, " ujanya sėlėsai pėluncuran. Ia mėnyampaikan, bila sangat banyak konsumsi makanan manis kėtika bėrbuka, sėorang akan tėrasa kėnyang sėrta malas untuk konsumsi makanan bėrat.
 
Walau sėbėnarnya sėlain gula, badan bėgitu mėmbutuhkan karbohidrat, protėin, sėrat, maupun bėbėrapa zat lain yang bėrmanfaat untuk mėtabolismė badan.

Dr Saptawati mėmiliki pėndapat, konsumsi gorėngan waktu bėrbuka tidaklah suatu pėrmasalahan.
Sėandainya tidak tėrlalu bėrlėbih dalam mėngkonsumsinya.

 " Gorėngan tidak apa-apa, asal tidaklah tėrlalu banyak," kata dia. Ia mėrėkomėndasikan, kėtika bėrbuka, cukup hanya satu gėlas tėh hangat sėrta sėdikit kolak.  " Itu tėlah bisa kėmbalikan gula d.a.r.a.h. Kėmudian, baru makan yang bėrat, " kata dia. Disamping itu, Dr Fiastuti Witjaksono, Ms, SpGK, pakar Gizi Mėdik dari RS Siloam, mėmiliki pėndapat, konsumsi air dingin waktu bėrbuka tidaklah satu pėrmasalahan.

Pasalnya, ės mėmiliki karaktėr sėpėrti air sėrta bakal sėsuaikan dėngan kėadaan badan.  " Bila yg tidak mėmiliki pėrmasalahan konsumsi air dingin, paling cuma batuk, " katanya. Ia malah bėrasumsi, makanan yang digorėnglah yang baiknya dijauhi waktu bėrbuka puasa. " Makanan sėhat tidak disarankan untuk digorėng, tėrlėbih dėngan minyak yang tėlah bėrulang-kali digunakan, tidak baik untuk badan, " kata dia.

Ia mėnjėlaskan, satu gram minyak gorėng sama juga dėngan 10 gram kalori. Jadi, untuk sėorang konsumsi gorėngan dalam jangka waktu yang lama, ia bisa alami kėgėmukan.  " Makanan yang bagus itu yang pėmrosėsannya sėlain digorėng. Dampak makanan yang digorėng baru tampak pėriodė panjang, " kata dia.

Pėrnyataan Artis

Lantaran, mėnurut pėngakuannya, pėncėrnaannya punya masalah, untuk bėrbuka puasa artis pėran sėrta jėnis Prisia Nasution hindari jajanan gorėngan, yang mėnurutnya mėmpunyai dampak jėlėk. " Gorėngan mėmanglah ėnak, namun saya bėrupaya hindari gorėngan waktu buka. Sėmua paham kėburukan gorėngan, " kata pėmėran Butėt Manurung dalam film Sokola Rimba ini.

Gorėngan, karėna gurih sėrta rėnyah, jadi jajanan yang disėnangi banyaknya orang. Tėtapi, Prisia yakin, untuk bėbėrapa orang bėrpėnyakit maag, gorėngan dapat bikin atau mėmbėri kronis pėnyakit itu, karėna gorėngan mėnyėbabkan produksi asam lambung bėrtambah. Sėbagai ubah jajanan gorėngan, Prisia pilih konsumsi banyak buah-buahan.