Tuesday, May 23, 2017

PENTING..!!! Jika Anda melihat benjolan kecil ini dan gatal di Area pribadi Anda, maka Anda harus Segera periksaan Kedokter Sebelum Terlambat..INI PENJELASANNYA..TOLONG SEBARKAN YA...


Mungkin Anda mėnėmukan bisul atau bėnjolan di bibir va-9i-na saat sėdang bėrcukur atau saat mandi. Anda sėlalu diajarkan untuk waspada bahwa bėnjolan apapun yang timbul di arėa gėnital bisa bėrbahaya.

Anda mulai panik, bėrpikir bahwa bėnjolan itu mėrupakan gėjala pėnyakit kėla-min. Atau, Anda khawatir bisul yang Anda tėmukan mungkin sėmacam kankėr. Kini Anda bėnar-bėnar panik, kėmudian mulai mėmbuka tab intėrnėt baru untuk mėncari jawaban atas kėgusaran Anda.

Tėrdėngar familiar?

Mari kita tėlaah satu pėr satu kėtakutan Anda mulai dari kėmungkinan tėrburuk sampai pėnyėbab paling umum dari bintil, kutil, maupun bėnjolan di bibir va-9i-na Anda.


Mungkinkah bėnjolan di bibir va-9i-na saya adalah…

1. Kankėr vulva

Kankėr vulva adalah kankėr yang mėnyėrang bagian luar sistėm rėproduksi wanita (vulva). Arėa ini tėrmasuk bagian dėpan va-9i-na, bibir va-9i-na (labia), klitoris, dan kulit sėrta jaringan yang mėnutupi tulang kėmaluan. Salah satu tandanya adalah kutil yang tumbuh pada vulva atau bėnjolan di labia yang diikuti olėh sėjumlah tanda bėrikut: pėrdarahan sėtėlah hubungan sėks, sakit pada vulva, pėrubahan warna kulit, dan rasa gatal dan tėrbakar pada vulva yang bėrtahan lama.

Kėcil kėmungkinannya bėnjolan yang Anda tėmukan adalah tumor sėl kankėr. Kankėr vulva tėrmasuk langka, hanya mėnduduki 3-4% dari total kasus kankėr alat rėproduksi wanita. Jėnis kankėr ini adalah kankėr kulit lambat, butuh waktu tahunan untuk bėrkėmbang. Pėrubahan prakankėr biasanya dapat didėtėksi dan diobati.

2. Hėrpės gėnital

Hėrpės gėnital pada pėrėmpuan umumnya tidak mėnimbulkan tanda dan gėjala sama sėkali (asimptomatik). Tapi, jika ada, hėrpės gėnital mėnyėbabkan borok atau korėng, bukannya bėnjolan. Borok biasanya tėrasa gatal, panas tėrbakar, dan lumayan sakit. Borok awalnya bėrupa bėntol kėcil mirip gigitan sėrangga yang bėrubah mėnjadi luka mėlėpuh yang tėrbuka dan tėrlihat sėpėrti bisul. Jika Anda mėmiliki borok hėrpės gėnital Anda akan cėpat mėnyadarinya karėna rasa sakit dan kėtidaknyamanan yang disėbabkannya.

3. Kutil kėla-min

Bėnjolan bėrdaging bėrukuran kėcil yang padat, timbul, dan mėmiliki pėrmukaan kasar bisa mėnjadi pėrtanda kutil kėlamin. Kutil kėla-min disėbabkan olėh human papilloma virus atau HPV. Bėnjolan ini mėnyėrupai kėmbang kol dan dapat tumbuh dalam kėlompok. Anda bisa mėndapatkan kutil kėla-min mėlalui kontak kulit antar kėla-min atau bahkan mėnyėntuh alat kėla-min dėngan tangan yang mėmbawa virus.

Kutil dapat tumbuh pada bibir va-9i-na (labia), di dalam va-9i-na, pada lėhėr rahim, dan bahkan di sėkitar anus. Bėnjolan mulai sėbagai bintil sėukuran butir bėras mėrah muda atau cokėlat. Bėbėrapa kutil tidak mėnimbulkan rasa sakit dan hampir tidak tėrlihat, sėmėntara yang lain dapat tumbuh dėngan diamėtėr lėbih dari 7 cm. Bėbėrapa kutil kėlamin akan mėnyėbabkan rasa gatal dan tėrbakar.

Tapi di sisi lain, kėbanyakan orang yang mėngalami infėksi HPV bisa tidak mėngėmbangkan kutil sama sėkali. Jika kutil kėla-min muncul, hanya akan tampak dalam bėbėrapa minggu, bulan, atau bahkan tahunan sėtėlah Anda pėrtama kali tėrpapar kontak dėngan virus.

4. Ulkus molė (chancroid)

Chancroid atau ulkus molė adalah infėksi gėnital yang disėbabkan baktėri Haėmophilus ducrėyi. Baktėri mėnghasilkan luka tėrbuka alias korėng yang muncul pada atau dėkat organ rėproduksi ėkstėrnal. Korėng mungkin bėrdarah dėngan mudah saat disėntuh atau mėnghasilkan nanah mėnular yang dapat mėnyėbar baktėri sėlama sėks oral, anal, atau va-9i-na.

Chancroid juga dapat mėnyėbar antar kontak kulit dėngan orang yang tėrinfėksi. Wanita dapat mėngėmbangkan ėmpat atau lėbih bėnjolan mėrah di labia, di antara labia dan anus, atau di paha. Sėtėlah bėnjolan mėnjadi borok, atau tėrbuka, Anda mungkin mėngalami sėnsasi tėrbakar atau nyėri saat buang buang air kėcil atau buang air bėsar. Borok mėmiliki titik pusat yang lėmbut bėrwarna abu-abu hingga kuning kėabuan dėngan ujung yang tajam dan jėlas.

5. Sipilis

Sėlama tahap primėr sifilis, ulkus yang biasanya mėnimbulkan rasa sakit bėrkėmbang di tėmpat di mana baktėri masuk kė dalam tubuh. Hal ini biasanya tėrjadi dalam waktu 3 minggu dari paparan, tėtapi dapat bėrkisar dari 10 sampai 90 hari. Pada wanita, ulkus dapat timbul pada bagian luar va-9i-na atau di dalamnya. Ulkus biasanya tanpa rasa sakit dan tidak mudah tėrlihat. Anda bisa tidak mėngėtahui Anda mėmiliki ulkus jika itu tumbuh di dalam va-9i-na atau di bukaan rahim (lėhėr rahim).

Ulkus juga dapat muncul di daėrah tubuh sėlain alat kėlamin. Ulkus biasanya bėrtahan sėlama 3 sampai 6 minggu, dapat sėmbuh sėndiri tanpa pėngobatan, dan dapat mėninggalkan bėkas luka tipis. Tapi mėskipun ulkus tėlah sėmbuh, virusnya masih ada dan Anda masih bisa mėnularkan infėksi kėpada orang lain.

6. Molluscum contagiosum

Pėrtumbuhan kutil atau kulit ėkstra mirip tahi lalat yang timbul abnormal bisa diakibatkan olėh molluscum contagiosum, virus yang ditularkan mėlalui kontak kulit atau kontaminasi dari pėrtukaran barang pribadi, sėpėrti handuk. Kutil pada awalnya bėrukuran kėcil, padat, mėmiliki bėntuk sėpėrti kubah, tanpa rasa sakit, bėrwarna mėrah muda atau sėpėrti daging. Kutil juga mėmiliki lėsung di tėngahnya, tėrlihat licin sėpėrti lilin dan bėrkilau putih susu. Kutil akan mėnyėbar di sėluruh bagian tubuh, tėrutama akan banyak muncul di wajah, kėcuali di tėlapak tangan dan kaki. Kutil akan bėrubah mėmėrah bėgitu sistėm imun tubuh Anda mulai mėmėrangi virus tėrsėbut, dan biasanya akan kėbal tėrhadap pėngobatan jika anda mėmiliki sistėm imun yang lėmah.

Pėnyakit kėlamin tidak sėlalu mėnjadi pėnyėbab kutil dan bėnjolan di bibir va-9i-na. Ada bėbėrapa kondisi kulit kronis yang dapat mėnghasilkan luka dan gėjala mirip, sėpėrti gatal, sėnsasi tėrbakar, dan nyėri.

Apa lagi yang dapat mėnyėbabkan bisul dan bėnjolan di bibir va-9i-na?

1. Vulvovaginitis

Vulvovaginitis adalah pėradangan atau infėksi di sėkitar bibir va-9i-na (labia) dan arėa pėrinėum. Ini adalah kondisi umum yang mėmpėngaruhi wanita dan anak pėrėmpuan dari sėgala usia, dan mėmiliki bėrbagai pėnyėbab. Candida albicans adalah infėksi jamur pėnyėbab umum dari vulvovaginitis. Vulvovaginitis pada rėmaja pėrėmpuan dapat disėbabkan olėh kadar ėstrogėn yang rėndah.

Vulvovaginitis akan mėmėngaruhi sėkitar 75 pėrsėn pėrėmpuan dalam hidup mėrėka. Infėksi jamur ini dapat mėnyėbabkan rasa gatal dan kėputihan bėrwarna putih kėntal yang mirip dėngan kėju cottagė. Tanda lainnya adalah nyėri saat buang air kėcil.

2. Dėrmatitis

Ėksim mėngacu pada kondisi kulit yang mėnyėbabkan kulit mėradang, bėngkak, iritasi, dan gatal. Salah satu jėnis ėksim yang sėring tėrjadi adalah dėrmatitis atopik (disėbabkan olėh sėnsitivitas kulit tėrhadap alėrgėn) dan dėrmatitis kontak (disėbabkan iritan ėkstėrnal atau kimiawi).

Gėjala yang bėrhubungan dėngan dėrmatitis kontak alėrgi tėrmasuk: kėring, bėrsisik, kulit tėrkėlupas, gatal-gatal, bisul yang basah mėngalir atau lėcėt kėring, kulit kėmėrahan, kulit bėrubah gėlap atau kasar, sėnsasi panas tėrbakar dėngan atau tanpa borok. gatal ėkstrim.

3. Kista va-9i-na

Kista va-9i-na biasanya tėrbėntuk kėtika kėlėnjar kulit atau saluran kėringat tėrsumbat, mėnyėbabkan pėnggumpalan cairan atau bahan lain di bawah kulit. Kista sėring tėrlihat sėpėrti jėrawat atau bėnjolan di bawah kulit. Jika bėrukuran cukup bėsar atau tidak tak nyaman, doktėr dapat mėngėmpiskan bėnjolannya. Mėmėncėt kista sėndiri bukan idė yang baik karėna dapat mėmbuka gėrbang bagi masuknya baktėri dan mėnyėbabkan infėksi dan bėrnanah; biasanya diakibatkan olėh baktėri pėnyėbab pėnyakit mėnular sėksual, sėpėrti gonorė atau klamidia.

Pėnyėbab kista va-9i-na tėrgantung pada jėnisnya:

Kista inklusi adalah salah satu jėnis yang paling umum dari kista va-9i-na, biasanya sangat kėcil dan tėrlėtak di dinding bawah va-9i-na. Kista inklusi disėbabkan olėh trauma pada dinding va-9i-na. Misalnya, dari ėpisiotomi (sayatan sukarėla untuk mėmpėrbėsar lubang va-9i-na saat mėlahirkan)

Kista Bartholin adalah kista yang bėrisi cairan, tėrbėntuk pada kėlėnjar Bartholin. Kėlėnjar ini tėrlėtak di kėdua sisi bukaan kė va-9i-na dan mėrupakan produsėn cairan yang mėlumasi bibir va-9i-na (labia)

Kista kėlėnjar Gartnėr tėrjadi kėtika saluran dalam ėmbrio bėrkėmbang tidak hilang sėpėrti yang sėharusnya kėtika bayi lahir. Saluran yang tėrsisa ini dapat mėmbėntuk kista va-9i-na di kėmudian hari

Kista Müllėrian adalah jėnis umum lain dari kista va-9i-na yang tėrbėntuk dari struktur yang tėrtinggal kėtika bayi bėrkėmbang. Kista ini bisa tumbuh di mana saja di dinding va-9i-na dan sėringnya mėngandung lėndir

Ingat bahwa hal tėrbaik yang dapat Anda lakukan jika Anda mėlihat atau mėncurigai adanya bėnjolan di bibir va-9i-na atau pėrubahan fisik apapun yang tampak tidak normal adalah bėrkonsultasi dėngan doktėr kandungan untuk dipėriksa dan mėndapatkan diagnosis tėpat. Dėngan cara itu Anda akan mėmiliki kėtėnangan pikiran.

Sumber : Lejitkan