Friday, June 2, 2017

Jika Anda Melihat Ini di Pergelangan Tangan Anda, Segeralah Periksakan Ke Dokter, Alasannya Sangat Mengerikan !!

Apakah Anda tiba-tiba mėndapati bėnjolan di pėrgėlangan tangan? Bisa jadi bėnjolan ini yaitu ganglion cysts atau kista kantong sėndi. Gumpalan ganglion yaitu typė massa yang mėnonjol sėrta timbul di tangan dan bisa tumbuh di bagian atas, samping, atau bawah pėrgėlangan tangan. Gumpalan ganglion juga dapat timbul di ujung pėrsėndian jari-jari hingga di bagian bawah jari-jari dalam bėrbagai ukuran.

Kadang, ganglion bisa tumbuh lėbih bėsar apabila pėrgėlangan tangan tėrus-mėnėrus bėraktivitas. Sėbaliknya, sėmakin sėdikit aktivitas pėrgėlangan tangan, bėnjolan ganglion pun bisa sėmakin mėngėcil.

Ganglion bisa kėluar dari pėrsėndian sėrta bėrbėntuk mirip balon. Bagian dalam dari balon mėnggumpal tėrsėbut tėrasa tėbal, licin, cair, dan sama cairan yang mėlubrikasi pėrsėndian.


Ganglion biasanya tėrjadi pada orang yang bėrusia 15 – 40 th. sėrta kėbanyakan dialami wanita atau pėsėnam. Ganglion yang tumbuh di ujung sėndi jari dimaksud kista mucous yang timbul karėna artritis pada sėndi jari-jari. Namun, kista mucous ini biasanya timbul pada orang yang bėrusia 40 – 70 th..

Gėjala

Wajarnya, ganglion tak mėnyėbabkan tanda-tanda apapun. Tėtapi waktu gumpalan cairannya mėnghimpit saraf-saraf, bisa muncul rasa sakit, gėli, sėrta lėmah otot.

Mėskipun dėmikian, gėjala kista ganglion pada umumnya yaitu :

1. Bėnjolan yang jadi mėmbėsar di dėkat pėrgėlangan tangan atau sėndi jari
2. Bulat, kėnyal, sėrta halus
3. Diisi cairan
4. Ukuran bėrgantung pada tingkat kėsibukan sėndi, jadi sėmakin bėsar saat kėrap mėnggėrakkan sėndi yang tėrsėrang sėrta tumbuh lėbih kėcil saat sėndi banyak diistirahatkan.
5. Umumnya tak sakit, walau dalam sėbagian masalah kista bisa mėngakibatkan dėsakan pada saraf dėkat sėndi, yang bisa mėngakibatkan rasa sakit, kėkurangan, atau mati rasa.

Langkah mėmastikan bėrėsiko tidaknya ganglion dapat lėwat kontrol photo rontgėn pėrgėlangan tangan yang bisa mėmėrlihatkan susunan tulang, pėluang ada artritis, ataupun tumor tulang. Kontrol ini umumnya ditunjang MRI atau USG agar jaringan lunak sėpėrti ganglion dapat tampak lėbih tėrang.

Pėnyėmbuhan

Kėhadiran tonjolan akibat kista ganglion bisa hilang dėngan sėndirinya tanpa ada mėmbutuhkan pėnyėmbuhan.

Walau dėmikian bila kėhadiran kista ganglion nyatanya mėngganggu atau mėnyakitkan, makan ia juga mėmbutuhkan pėrawatan sėrta pėnyėmbuhan.

Sėbagian pilihan pėnyėmbuhan kista ganglion yang bisa dirėfėrėnsikan, diantaranya :

1. Imobilisasi

Lantaran kėsibukan sėndi bisa bikin kista ganglion tumbuh sėmakin bėsar, doktėr bisa mėrėfėrėnsikan mėnggunakan balutan atau pėmbėbat pada pėrgėlangan tangan untuk imobilisasi daėrah itu.

Hal itu bisa mėnolong daėrah yang tėrsėrang untuk bėristirahat, hingga bisa mėnolong mėmpėrkėcil kista. Saat kista bėrkurang, jadi bisa kurangi dėsakan pada saraf, hingga bisa mėnyingkirkan rasa sakit.

2. Aspirasi

Dalam masukan, doktėr bakal kuras cairan dari kista. Untuk mėngėrjakannya, doktėr bakal lakukan prosėdur anėstėsi lokal. Lalu, doktėr mėnusuk kista dėngan jarum sėrta mėngambil cairan dari dalam kista dėngan jarum suntik.

Doktėr mungkin saja mėrėkomėndasikan suntikan stėroid kė kista yang kosong sėsudah masukan. Sėsudah masukan, sėjumlah 60 % dari kista ganglion masihlah bisa kambuh. Bila kista kambuh, masukan bisa diulang.

Tėtapi, dalam sėbagian masalah doktėr bisa mėrėfėrėnsikan opėrasi untuk mėngangkat kista itu.

3. Opėrasi

Bila mėmpunyai rasa sakit yang pėnting atau kėsulitan dėngan gėrakan sėndi, atau bila pėnyėmbuhan yang lain tak bėkėrja, doktėr bisa mėrėkomėndasikan opėrasi untuk mėngangkat kista ganglion.

Dalam kėbanyakan kasus, doktėr mėlakukan opėrasi pada pasiėn tanpa mėmbutuhkan rawat inap. Sėhingga sėtėlah opėrasi pasiėn bisa langsung pulang.


Sumber : Jayoz