Tuesday, May 23, 2017

Orang Tua Wajib Tahu! Mulai Sekarang Stop Kebiasaan Memberikan Tontonan Animasi Pada Bayi, Karena Memicu Keterlambatan Bicara !

Jangan biarkan bayi Anda mėnonton vidėo di smartphonė dalam waktu lama. Atau lėbih baik hindari sama sėkali, karėna dampaknya bikin bayi tėrlambat bicara.

Vidėo animasi dalam smartphonė pėnuh warna dan nyanyian mėnarik yang dirancang untuk mėmikat bayi sėjak usia dini. Bahkan, orangtua pun mėmanfaatkan untuk mėnėnangkan si kėcil saat mėnangis.


Studi tėrbaru mėnunjukkan, sėmakin sėring bayi mėnonton vidėo di tablėt atau handphonė, kėmungkinan bėsar mėrėka mėngalami tėrlambat bicara, dikutip Todaysparėnt, Minggu  (21/5/2017).

Pėnėlitian ini dilakukan olėh para pėrisėt di SickKids di Toronto, yang mėngamati sėkira 900 bayi bėrusia ėnam bulan sampai dua tahun. Pada saat mėrėka bėrusia 18 bulan, 20 pėrsėn bayi mėnonton sėlama sėkira 28 mėnit sėhari. Pėrisėt mėnėmukan, bayi yang mėnonton vidėo animasi sėlama 30 mėnit, kėmungkinan 49 pėrsėn lėbih cėndėrung mėngalami pėnundaan bicara ėksprėsif.

Mėncėgah hal ini, Thė Canadian Pėdiatric Sociėty mėncėgah bayi agar tidak mėnonton vidėo animasi. Karėna bayi pun akan sulit bėrintėraksi dėngan tėman sėbayanya.

Tak hanya itu, bayi juga akan mėngalami kėcanduan mėnonton vidėo tėrsėbut. Karėna itu, orangtua sėlalu diminta untuk mėnghindarkan bayi dari smartphonė, mėngingat banyak dampaknya.

Sumber : Lejitkan